606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN ) - Hallo sahabat Artikel Copy Paste, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN ), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel pembahasan seputar Al Qur'an, yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan Baik. Selamat membaca.
Judul : 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )
link : 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )
Bidadari Suci Dibuatmenangis
asalamualaikum ada pertanyaan digrup lain namun belum ada jawaban. Aku pengen benget reti jawabanya maz. Tentang qosam filquran. Apa faedahnya allah bersumpah??
JAWABAN
>> Sunde Pati
ALLOH bersumpah demi masa,,karena untuk menguatkan kabar
وَالْعَصْرِ إِنَّ الإِنسَانَ لَفِى خُسْرٍ إِلاَّ الَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْاْ بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْاْ بِالصَّبْرِ (
أقسم الله تعالى بالعصر قسماً يراد به تأكيد الخبر كما هو شأن أقسام القرآن .
والمقسَم به من مظاهر بديع التكوين الرباني الدال على عظيم قدرته وسعة علمه .
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Alloh bersumpah demi masa/waktu ashar yg dikehendaki adalah menguatkan kabar sebagaimana keadaan beberapa sumpah Al-qur'an
yg dibuat sumpah itu dari dhohirnya konfigurasi ketuhanan yg menunjukkan keagungan kekuasaan dan keluasan ilmunya
attahrir wattamrir juz 30 hal 528
>> Siroj Munir
Al-Itqon, Juz : 4 Hal : 53
وقد قيل: ما معنى القسم منه تعالى فإنه إن كان لأجل المؤمن فالمؤمن مصدق بمجرد الإخبار من غير قسم وإن كان لأجل الكافر فلا يفيده!
وأجيب بأن القرآن نزل بلغة العرب ومن عادتها القسم إذا أرادات أن تؤكد أمرا وأجاب أبو القاسم القشيري بأن الله ذكر القسم لكمال الحجة وتأكيدها: وذلك أن الحكم يفصل باثنين: إما بالشهادة وإما بالقسم فذكر تعالى في كتابه النوعين حتى لا يبقى لهم حجة
Jika ada yang bertanya : "Untuk apa Alloh bersumpah, jika memang sumpah itu ditujukan untuk orang Islam, toh orang Islam sudah mempercayainya dengan hanya memberi kabar tanpa ada sumpah, sedangkan apabila ditujukan untuk orang kafir hal tersebut tak ada gunanya".
Jawabannya :
1.Al-qur'an itu diturunkan dengan menggunakan bahasa arab, dan sebagian dari kebiasaan orang arab adalah bersumpah ketika hendak mengokohkan/menguatkan suatu perkara.
2.Syaikh Abul Qosim Al-Qusyairi menjelaskan bahwasanya Alloh menuturkan sumpah untuk menyempurnakan hujjah sekaligus menguatkannya, sebab suatu ketetapan hukum itu dibuktikan dengan dua cara; pertama dengan disaksikan secara nyata, dan kedua dengan sumpah, karena itulah dalam Al-Qur'an Alloh menuturkan dua hujjah tersebut sekaligus sehingga tak ada lagi alasan untuk mengingkarinya.
>>> Mbah Godek ..
وإنما أقسم الله بمخلوقاته؛ لأنها تدل على بارئها، وهو الله تعالى، وللإشارة إلى فضيلتها ومنفعتها ليعتبر الناس بها وعن الحسن قال: "إن الله يقسم بما شاء من خلقه وليس لأحد أن يقسم إلا بالله"7.
مباحث في علوم القرآن
المؤلف: مناع بن خليل القطان (المتوفى: 1420هـ)
1/303
Materi yang dijadikan sumpah oleh Alloh pada dasarnya adalah materi-materi yang memiliki kelebihan, fadlol, ‘ajaa-ib yang luar biasa, yang karenanya kekuasaan dan keMAHA-an Alloh menjadi semakin terbukti.
Berikut beberapa ulasan tentang sumpah:
وإنما أقسم بالدهر لأن فيه عبرة للناظر من مرور الليل والنهار على تقدير لا ينخرم
زاد المسير في علم التفسير
المؤلف: جمال الدين أبو الفرج عبد الرحمن بن علي بن محمد الجوزي (المتوفى: 597هـ)
4/487
وإنما أقسم تعالى بالزمان لأنه رأس عمر الإِنسان، فكل لحظةٍ تمضي فإِنها من عمرك ونقص من أجلك، كما قال القائل:
إِنا لنفرحُ بالأيام نقطعها ... وكلُّ يومٍ مضى نقصٌ من الأجل
قال القرطبي: أقسم الله عَزَّ وَجَلَّ بالعصر وهو الدهر لما فيه من التنبيه بتصرف الأحوال وتبدلها، وما فيها من الدلائل على الصانع
: صفوة التفاسير
المؤلف: محمد علي الصابوني
3/574
وَالْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2) وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (3) وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ (4)
وإنما أقسم بتلك الأشياء لما فيها من عجائب ودلائل على كمال قدرته ووحدانيته
بيان المعاني [مرتب حسب ترتيب النزول]
المؤلف: عبد القادر بن ملّا حويش السيد محمود آل غازي العاني (المتوفى: 1398هـ)
1/144
فَلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ (15) الْجَوَارِ الْكُنَّسِ (16) وَاللَّيْلِ إِذَا عَسْعَسَ (17) وَالصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ (18
وإنما أقسم فيها لما فيها من النفع للبشر وغيره
بيان المعاني [مرتب حسب ترتيب النزول]
المؤلف: عبد القادر بن ملّا حويش السيد محمود آل غازي العاني (المتوفى: 1398هـ)
1/127
وإنما أقسم الله بحروف المعجم، لشرفها وفضلها، ولأنها مباني كتبه المنزلة بالألسنة المختلفة، ومباني أسمائه الحسنى وصفاته العلى، وأصول كلام الأمم، بها يتعارفون، ويذكرون الله ويوحّدون.
وقد أقسم الله في كتابه بالفجر، والطّور، وبالعصر، وبالتّين، والزّيتون- وهما جبلان ينبتان التين والزيتون، يقال لأحدهما: طور زيتا وللآخر: طور تينا، بالسّريانية، من الأرض المقدسة، فسماها بما ينبتان- وأقسم بالقلم، إعظاما لما يسطرون.
ووقع القسم بها في أكثر السور على القرآن فقال: الم (1) ذلِكَ الْكِتابُ لا رَيْبَ فِيهِ [البقرة: 1، 2] ، كأنه قال: وحروف المعجم، لهو الكتاب لا ريب فيه.
والم (1) اللَّهُ لا إِلهَ إِلَّا هُوَ [آل عمران: 1، 2] ، أي وحروف المعجم لهو الله لا إله إلا هو الْحَيُّ الْقَيُّومُ نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتابَ [آل عمران: 2، 3] .
تأويل مشكل القرآن
المؤلف: أبو محمد عبد الله بن مسلم بن قتيبة الدينوري (المتوفى: 276هـ)
1/183
Anda sekarang membaca artikel 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN ) dengan alamat link https://cekgoblog.blogspot.com/2013/03/606-faidah-allah-bersumpah-qosam-filqur.html Bila Artikel ini Bermanfaat Silahkan Bagikan ke akun sosmed SAHABAT SEMUA
Judul : 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )
link : 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )
606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )
PERTANYAANBidadari Suci Dibuatmenangis
asalamualaikum ada pertanyaan digrup lain namun belum ada jawaban. Aku pengen benget reti jawabanya maz. Tentang qosam filquran. Apa faedahnya allah bersumpah??
JAWABAN
>> Sunde Pati
ALLOH bersumpah demi masa,,karena untuk menguatkan kabar
وَالْعَصْرِ إِنَّ الإِنسَانَ لَفِى خُسْرٍ إِلاَّ الَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْاْ بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْاْ بِالصَّبْرِ (
أقسم الله تعالى بالعصر قسماً يراد به تأكيد الخبر كما هو شأن أقسام القرآن .
والمقسَم به من مظاهر بديع التكوين الرباني الدال على عظيم قدرته وسعة علمه .
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Alloh bersumpah demi masa/waktu ashar yg dikehendaki adalah menguatkan kabar sebagaimana keadaan beberapa sumpah Al-qur'an
yg dibuat sumpah itu dari dhohirnya konfigurasi ketuhanan yg menunjukkan keagungan kekuasaan dan keluasan ilmunya
attahrir wattamrir juz 30 hal 528
>> Siroj Munir
Al-Itqon, Juz : 4 Hal : 53
وقد قيل: ما معنى القسم منه تعالى فإنه إن كان لأجل المؤمن فالمؤمن مصدق بمجرد الإخبار من غير قسم وإن كان لأجل الكافر فلا يفيده!
وأجيب بأن القرآن نزل بلغة العرب ومن عادتها القسم إذا أرادات أن تؤكد أمرا وأجاب أبو القاسم القشيري بأن الله ذكر القسم لكمال الحجة وتأكيدها: وذلك أن الحكم يفصل باثنين: إما بالشهادة وإما بالقسم فذكر تعالى في كتابه النوعين حتى لا يبقى لهم حجة
Jika ada yang bertanya : "Untuk apa Alloh bersumpah, jika memang sumpah itu ditujukan untuk orang Islam, toh orang Islam sudah mempercayainya dengan hanya memberi kabar tanpa ada sumpah, sedangkan apabila ditujukan untuk orang kafir hal tersebut tak ada gunanya".
Jawabannya :
1.Al-qur'an itu diturunkan dengan menggunakan bahasa arab, dan sebagian dari kebiasaan orang arab adalah bersumpah ketika hendak mengokohkan/menguatkan suatu perkara.
2.Syaikh Abul Qosim Al-Qusyairi menjelaskan bahwasanya Alloh menuturkan sumpah untuk menyempurnakan hujjah sekaligus menguatkannya, sebab suatu ketetapan hukum itu dibuktikan dengan dua cara; pertama dengan disaksikan secara nyata, dan kedua dengan sumpah, karena itulah dalam Al-Qur'an Alloh menuturkan dua hujjah tersebut sekaligus sehingga tak ada lagi alasan untuk mengingkarinya.
>>> Mbah Godek ..
وإنما أقسم الله بمخلوقاته؛ لأنها تدل على بارئها، وهو الله تعالى، وللإشارة إلى فضيلتها ومنفعتها ليعتبر الناس بها وعن الحسن قال: "إن الله يقسم بما شاء من خلقه وليس لأحد أن يقسم إلا بالله"7.
مباحث في علوم القرآن
المؤلف: مناع بن خليل القطان (المتوفى: 1420هـ)
1/303
Materi yang dijadikan sumpah oleh Alloh pada dasarnya adalah materi-materi yang memiliki kelebihan, fadlol, ‘ajaa-ib yang luar biasa, yang karenanya kekuasaan dan keMAHA-an Alloh menjadi semakin terbukti.
Berikut beberapa ulasan tentang sumpah:
وإنما أقسم بالدهر لأن فيه عبرة للناظر من مرور الليل والنهار على تقدير لا ينخرم
زاد المسير في علم التفسير
المؤلف: جمال الدين أبو الفرج عبد الرحمن بن علي بن محمد الجوزي (المتوفى: 597هـ)
4/487
وإنما أقسم تعالى بالزمان لأنه رأس عمر الإِنسان، فكل لحظةٍ تمضي فإِنها من عمرك ونقص من أجلك، كما قال القائل:
إِنا لنفرحُ بالأيام نقطعها ... وكلُّ يومٍ مضى نقصٌ من الأجل
قال القرطبي: أقسم الله عَزَّ وَجَلَّ بالعصر وهو الدهر لما فيه من التنبيه بتصرف الأحوال وتبدلها، وما فيها من الدلائل على الصانع
: صفوة التفاسير
المؤلف: محمد علي الصابوني
3/574
وَالْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2) وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (3) وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ (4)
وإنما أقسم بتلك الأشياء لما فيها من عجائب ودلائل على كمال قدرته ووحدانيته
بيان المعاني [مرتب حسب ترتيب النزول]
المؤلف: عبد القادر بن ملّا حويش السيد محمود آل غازي العاني (المتوفى: 1398هـ)
1/144
فَلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ (15) الْجَوَارِ الْكُنَّسِ (16) وَاللَّيْلِ إِذَا عَسْعَسَ (17) وَالصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ (18
وإنما أقسم فيها لما فيها من النفع للبشر وغيره
بيان المعاني [مرتب حسب ترتيب النزول]
المؤلف: عبد القادر بن ملّا حويش السيد محمود آل غازي العاني (المتوفى: 1398هـ)
1/127
وإنما أقسم الله بحروف المعجم، لشرفها وفضلها، ولأنها مباني كتبه المنزلة بالألسنة المختلفة، ومباني أسمائه الحسنى وصفاته العلى، وأصول كلام الأمم، بها يتعارفون، ويذكرون الله ويوحّدون.
وقد أقسم الله في كتابه بالفجر، والطّور، وبالعصر، وبالتّين، والزّيتون- وهما جبلان ينبتان التين والزيتون، يقال لأحدهما: طور زيتا وللآخر: طور تينا، بالسّريانية، من الأرض المقدسة، فسماها بما ينبتان- وأقسم بالقلم، إعظاما لما يسطرون.
ووقع القسم بها في أكثر السور على القرآن فقال: الم (1) ذلِكَ الْكِتابُ لا رَيْبَ فِيهِ [البقرة: 1، 2] ، كأنه قال: وحروف المعجم، لهو الكتاب لا ريب فيه.
والم (1) اللَّهُ لا إِلهَ إِلَّا هُوَ [آل عمران: 1، 2] ، أي وحروف المعجم لهو الله لا إله إلا هو الْحَيُّ الْقَيُّومُ نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتابَ [آل عمران: 2، 3] .
تأويل مشكل القرآن
المؤلف: أبو محمد عبد الله بن مسلم بن قتيبة الدينوري (المتوفى: 276هـ)
1/183
Demikianlah Artikel 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )
Sekianlah artikel 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN ) dengan alamat link https://cekgoblog.blogspot.com/2013/03/606-faidah-allah-bersumpah-qosam-filqur.html Bila Artikel ini Bermanfaat Silahkan Bagikan ke akun sosmed SAHABAT SEMUA
0 Komentar untuk "606 : FAIDAH ALLAH BERSUMPAH ( QOSAM FILQUR'AN )"