601 : HUKUM MENAMBAL KULIT - Hallo sahabat Artikel Copy Paste, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel ushul fiqih, yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan Baik. Selamat membaca.
Judul : 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT
link : 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT
PERATANYAAN
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
ASSALAMUALAIKUM
ada pria kecelakaan jatuh dari sepeda dahinya luka hingga kulitnya terkelupas maka untuk menambal luka itu di ambilah daging dari pahanya..
pertanyaan
apakah hukum aurot dri paha itu hilang?atau sebaliknya paha luka di ambilkan dari daging punggung apakah daging punggung tadi jadi aurot?
sebelumnya matur nuwuuun.
JAWABAN
Ubaid Bin Aziz Hasanan
Wa'alaikumsalamTuhfah al-Muhtaj, Syarh al-Minhaj:
( فَرْعٌ ) تَعَلَّقَتْ جِلْدَةٌ مِنْ غَيْرِ الْعَوْرَةِ إلَيْهَا أَوْ بِالْعَكْسِ مَعَ الْتِصَاقٍ أَوْ دُونَهُ فَيَحْتَمِلُ أَنْ يَجْرِيَ فِي وُجُوبِ سَتْرِهَا وَعَدَمِهِ مَا ذَكَرُوهُ فِي وُجُوبِ الْغُسْلِ وَعَدَمِهِ فِيمَا لَوْ تَعَلَّقَتْ جِلْدَةٌ مِنْ مَحَلِّ الْفَرْضِ فِي الْيَدَيْنِ إلَى غَيْرِهِ أَوْ بِالْعَكْسِ
(Sub Masalah) Kulit dari selain 'aurot, ditambalkan pada Kulit yang termasuk 'aurot, atau sebaliknya (Ya'ni: Kulit dari 'aurot, ditambalkan pada kulit yang bukan 'aurot), maka hukumnya mempunyai dua kemungkinan.
1- Wajib menutup, karena melihat asal usulnya.
2- Tidak wajib ditutup, karena melihat pada kondisi terkini.
Hal ini sama dengan, terjadinya ihtimal (kemungkinan) dalam "Kewajiban dan tidaknya" membasuh kulit, yang berasal dari selain kulit yang wajib dibasuh, tapi kantel (jawa.red) dengan kulit yang wajib dibasuh.Hasyiyah Syarqowi juz I hal. 174.
Bujairimi Alal Khotib juz I hal. 400.
فى الشرقاوى 1/174 مانصه : (قوله ما بين سرته وركبته) الى أن قال فلا يجب ستره وكذا لو تعلقت جلدة من غير العورة ووصلت اليها مع الإلتصاق أو دونه بخلاف العكس بأن تعلقت من العورة الى غيرها على ما مر فإنه يجب سترها إعتبارا بالأصل فيهما والفرق بين هذا وبين ما ذكروه فيما لو تعلقت جلدة من الفرض فى اليدين مثلا الى غيره أو بالعكس حيث قالوا بعدم وجوب غسلها فى الأول دون الثاني ان أجزاء العورة لها حكمها فى حرمة النظر وإن انفصلت عن اليدين بالكلية كشعر المحلوق من العانة ولاكذلك المنفصل من محل الفرض.
وفى البجيرمي على الخطيب 1/400 مانصه : وإذا تعارض عليه السجود والستر بيده قيل يقدم السجود لأنه ركن والستر شرط وفيها يقدم الستر الى أن قال وعبارة م ر على التحرير وإذا تعارض السجود والستر قدم السجود على المعتمد فيجب عليه وضع يده ويترك الستر لأن الشارع أوجب عليه وضع الأعضاء السبعة فصار حينئذ عاجزا عن الستر والستر لايجب إلا عند القدرة
Anda sekarang membaca artikel 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT dengan alamat link https://cekgoblog.blogspot.com/2013/03/601-hukum-menambal-kulit.html Bila Artikel ini Bermanfaat Silahkan Bagikan ke akun sosmed SAHABAT SEMUA
Judul : 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT
link : 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT
601 : HUKUM MENAMBAL KULIT

Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
ASSALAMUALAIKUM
ada pria kecelakaan jatuh dari sepeda dahinya luka hingga kulitnya terkelupas maka untuk menambal luka itu di ambilah daging dari pahanya..
pertanyaan
apakah hukum aurot dri paha itu hilang?atau sebaliknya paha luka di ambilkan dari daging punggung apakah daging punggung tadi jadi aurot?
sebelumnya matur nuwuuun.
JAWABAN
Ubaid Bin Aziz Hasanan
Wa'alaikumsalamTuhfah al-Muhtaj, Syarh al-Minhaj:
( فَرْعٌ ) تَعَلَّقَتْ جِلْدَةٌ مِنْ غَيْرِ الْعَوْرَةِ إلَيْهَا أَوْ بِالْعَكْسِ مَعَ الْتِصَاقٍ أَوْ دُونَهُ فَيَحْتَمِلُ أَنْ يَجْرِيَ فِي وُجُوبِ سَتْرِهَا وَعَدَمِهِ مَا ذَكَرُوهُ فِي وُجُوبِ الْغُسْلِ وَعَدَمِهِ فِيمَا لَوْ تَعَلَّقَتْ جِلْدَةٌ مِنْ مَحَلِّ الْفَرْضِ فِي الْيَدَيْنِ إلَى غَيْرِهِ أَوْ بِالْعَكْسِ
(Sub Masalah) Kulit dari selain 'aurot, ditambalkan pada Kulit yang termasuk 'aurot, atau sebaliknya (Ya'ni: Kulit dari 'aurot, ditambalkan pada kulit yang bukan 'aurot), maka hukumnya mempunyai dua kemungkinan.
1- Wajib menutup, karena melihat asal usulnya.
2- Tidak wajib ditutup, karena melihat pada kondisi terkini.
Hal ini sama dengan, terjadinya ihtimal (kemungkinan) dalam "Kewajiban dan tidaknya" membasuh kulit, yang berasal dari selain kulit yang wajib dibasuh, tapi kantel (jawa.red) dengan kulit yang wajib dibasuh.Hasyiyah Syarqowi juz I hal. 174.
Bujairimi Alal Khotib juz I hal. 400.
فى الشرقاوى 1/174 مانصه : (قوله ما بين سرته وركبته) الى أن قال فلا يجب ستره وكذا لو تعلقت جلدة من غير العورة ووصلت اليها مع الإلتصاق أو دونه بخلاف العكس بأن تعلقت من العورة الى غيرها على ما مر فإنه يجب سترها إعتبارا بالأصل فيهما والفرق بين هذا وبين ما ذكروه فيما لو تعلقت جلدة من الفرض فى اليدين مثلا الى غيره أو بالعكس حيث قالوا بعدم وجوب غسلها فى الأول دون الثاني ان أجزاء العورة لها حكمها فى حرمة النظر وإن انفصلت عن اليدين بالكلية كشعر المحلوق من العانة ولاكذلك المنفصل من محل الفرض.
وفى البجيرمي على الخطيب 1/400 مانصه : وإذا تعارض عليه السجود والستر بيده قيل يقدم السجود لأنه ركن والستر شرط وفيها يقدم الستر الى أن قال وعبارة م ر على التحرير وإذا تعارض السجود والستر قدم السجود على المعتمد فيجب عليه وضع يده ويترك الستر لأن الشارع أوجب عليه وضع الأعضاء السبعة فصار حينئذ عاجزا عن الستر والستر لايجب إلا عند القدرة
Demikianlah Artikel 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT
Sekianlah artikel 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 601 : HUKUM MENAMBAL KULIT dengan alamat link https://cekgoblog.blogspot.com/2013/03/601-hukum-menambal-kulit.html Bila Artikel ini Bermanfaat Silahkan Bagikan ke akun sosmed SAHABAT SEMUA
0 Komentar untuk "601 : HUKUM MENAMBAL KULIT"